• Gali Potensi, Murid SMP Islam Baitul Makmur Jalani Bina Karakter Siswa

    MALANG-BM-Siswa baru Kelas 7 SMP Islam Baitul Makmur mengakhiri rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan menjalani Bina Karakter Siswa (BKS).Acara yang digelar selama dua hari pada Jumat (20/7/2018) hingga Sabtu (21/7/2018) ini bertempat di Ruang Kelas Lt.2 kompleks pendidikan Baitul Makmur.
    Ketua Pelaksana BKS SMP Islam Baitul Choirul Anisa, S.S, S.Pd mengatakan, BKS diwajibkan bagi siswa baru Kelas 7 SMP Islam Baitul Makmur maupun siswa Kelas 8 dan 9 yang belum mengikuti. Acara BKS kali ini merupakan yang kedua digelar SMP Islam Baitul Makmur setelah diawali tahun lalu.

     “Diwajibkannya mengikuti BKS karena siswa akan mendapatkan sertifikat yang nanti digunakan sebagai salah satu syarat pengambilan ijazah saat siswa lulus dari Kelas 9,” papar Bu Nisa, sapaan akrab Choirul Anisa, Selasa (24/7/2018).
          Dalam BKS ini, Bu Nisa menjelaskan, materi yang diberikan di antaranya kepramukaan, pembinaan karakter, dan pembinaan agama. Tujuan pemberian ketiga materi tersebut bagi siswa adalah tercipta kedisiplinan, leadership (kepemimpinan), dan mampu bekerja sama.

           Harapan digelarnya dari BKS ini, menurut dia, para pengajar di SMP Islam Baitul Makmur bisa mengetahui potensi masing-masing siswa. Pasalnya, para pemberi materi BKS melibatkan semua guru dan pembina pramuka di SMP Islam ini. “Siswa bisa diketahui potensinya dari penilaian hasil kegiatan yang dijalani selama menjalani BKS. Dari hasil penilaian ini ada rekomendasi dari pemberi materi bahwa siswa mau diarahkan ke mana,” jelas dia.
          Selain mengetahui potensi, lanjut dia, BKS diadakan untuk lebih mengenalkan siswa terhadap lingkungan dan kebiasaan di Baitul Makmur, guru mengenal lebih dekat siswa, dan mendidik siswa.
          Bu Nisa menambahkan, dalam rangkaian BKS ini ada kegiatan malam yang materinya di antaranya berupa renungan malam, motivasi-motivasi, dan shalat tahajud. “Untuk mengikuti kegiatan malam ini siswa dibangunkan di sepertiga malam,” ujar Bu Nisa.

    Sementara itu, Kepala SMP Islam Baitul Makmur Ahmad Nur Syadzili, S.Pd mengatakan, MPLS siswa Kelas 7 digelar selama tiga hari mulai Selasa (17/7/2018) hingga Kamis (19/7/2018). Selesai MPLS dilanjutkan pembinaan karakter siswa yang diadakan selama dua hari, Jumat (20/7/2018) dan Sabtu (21/7/2018).
    “Saat BKS anak-anak dikarantina di sini (lingkungan sekolah Baitul Makmur) selama satu hari satu malam. Istilahnya Bina Karakter Siswa,” papar dia. (hen)



    Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar